Site Overlay

Cara Memotret Dengan Background Blur

Brother’s photo Karawang 

Bokeh Alias Background Blur

Bokeh adalah sebuah kata yang diserap dari bahasa Jepang oleh dunia fotografi, artinya adalah “Mengaburkan“. Dalam fotografi, secara teknis bermakna “blur” alias tidak jelas yang dihasilkan dari keterbatasan lensa kamera dimana cahaya yang masuk menjadi “out of focus” alias tidak terfokus.

Keuntungan Kamera Mirrorless

Memakai lensa dengan bukaan Aperture ('f') besar

Lensa juga sangat berpengaruh untuk mendapatkan foto bokeh, biasanya lensa yang bisa mendapatkaan foto bokeh adalah lensa fix dengan bukaan f/1.8. lensa dengan bukaan f/1.8 adalah lensa yang paling umum, tetapi banyak juga lensa dengan menggunakan bukaan lebih besar yaitu f/1.1, f/1.2, f/1.4.

Kurangi jarak antara kamera dengan obyek foto

Semakin dekat kita berdiri dari obyek foto, semakin blur background-nya. Semakin dekat obyek foto, fokus lensa juga semakin dekat dan depth of field akan makin menyempit. Cobalah lakukan ini: acungkan jari telunjuk anda didekat gelas yang jauhnya kira-kira 50 cm didepan anda, fokuskan mata anda pada telunjuk, sekarang gerakkan telunjuk tadi mendekat mata anda. Makin dekat telunjuk dengan mata, gelas dibelakangnya akan makin kabur bukan?

Jauhkan jarak antara obyek dan background-nya

Saat anda memotret teman dan ingin menghasilkan bokeh yang bagus, maka semakin jauh teman tadi dari background dibelakangnya, semakin bagus bokeh yang anda dapatkan. Lihatlah foto dibawah ini, daun yang paling dekat kamera masih terlihat tajam. Tapi semakin menjauh dari kamera, semakin kabur. Sementara daun dengan warna hijau dibelakang sana terlihat kabur sekali.

Gunakan focal length terpanjang

Saat anda memakai lensa zoom, gunakan focal length terpanjang untuk makin memisahkan obyek utama dengan background-nya. Sebagai contoh: saat anda menggunakan lensa maut 70–200 mm, set focal length di posisi 200mm untuk menghasilkan bokeh yang bagus. Kalau di tas anda tersimpan lensa 300mm, lensa 18–200mm, lensa 14–24mm, pilihlah lensa terpanjang (300mm) kalau tujuan anda menghasilkamn foto bokeh yang maut.

Share ya guys!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 Brother’s Photo. All Rights Reserved. | Catch Foodmania by Catch Themes